Search
  • Rani

“Aku Tidak Berguna”- Tanda Self-Esteem Rendah, Kenali Cirinya dan Cara Mengatasinya

Bagaimana cara kamu menilai dirimu sendiri?


Coba lah berdiri didepan cermin dan lihat dirimu. Apa kamu merasa bangga dengan dirimu sendiri?


Apakah kamu bisa menilai baik dirimu sendiri atau malah dibenakmu hanya muncul kalimat negatif yang merendahkan dirimu sendiri?


Jika kamu menilai dirimu sangat baik dan menghargai sosok bayangangmu, maka kamu memiliki self-esteem yang baik. Tapi jika kamu menilai buruk dirimu sendiri dan banyak kalimat negatif lainnya bisa jadi kamu memiliki self-esteem rendah.


Self-Esteem atau harga diri merupakan cara kamu menghargai, menyukai dan menyayangi diri sendiri. Didalam self-esteem terdapat dua komponen, yaitu self-confidence dan self-respect.

Harga diri sering dinilai Sebagai bagian dari kepribadian yang cendrung stabil dan tahan lama. Ia juga melibatkan otak untuk meyakinkan dirimu, penilaian terhadap penampilan, emosi dan perilaku.


Seseorang dengan self-esteem yang baik tentu memiliki rasa percaya diri yang baik, menghargai diri sendiri, mudah bersosialisasi, tau cara mengatasi stres dan bisa menikmati aktivitasnya.

Sedangkan seseorang dengan self-esteem rendah memiliki sifat yang cendrung suka meragukan diri sendiri, selalu merasa dikalahkan dan gampang tertekan.


Berikut ciri-ciri dengan self-esteem yang rendah


1. Dipayungi dengan keraguan

Sifat ini bisa dilihat saat seseorang dihadapkan akan suatu pilihan. Seseorang dengan self esteem rendah cendrung akan meragukan dirinya sendiri sehingga menghambat setiap langkahnya.


2. Terjebak dengan kesalahan di masa lalu

Berbuat salah dan memiliki kesalahan di masa lalu adalah hal yang wajar. Tidak ada orang yang terlahir sempurna dan tentunya setiap individu pernah melakukan kesalahan.

Orang dengan self-esteem baik akan menyikapi kesalahan itu sebagai sebuah pembelajaran. Namun seseorang dengan self-esteem rendah akan selalu mengingat dan mengungkit kesalahan yang ia buat. Sehingga ia terjebak dengan masa lalunya sendiri.


3. Perfeksionis

Kesempurnaan juga bisa menandai tingkat self esteem seseorang. Orang dengan kepercayaan diri rendah menilai suatu hasil dengan kesempurnaan. Hal itulah yang membuatnya sulit untuk memulai dan juga menyelesaikan pekerjaannya, karena dibenaknya sesuatu harus sempurna sehingga hal itu membuatnya tidak percaya diri.


4. Pujian adalah alat ukur dalam mencapai keberhasilan

Karena terlalu memikirkan hasil yang sempurna, maka seseorang dengan self-esteem menilai sesuatu berdasarkan pujian yang dia peroleh.

Jika pekerjaannya tidak mendapat pujian, maka ia merasa gagal dan tidak terlihat.


5. Berfikir negatif terhadap diri sendiri

Selalu menilai diri sendiri tidak menarik, tidak pintar, tidak sukses, tidak kompeten. Memiliki banyak statemen negatif dengan dirinya sendiri.


Jika ciri-ciri diatas ternyata ada didirimu, maka kamu harus segera mengubah mindset tersebut. Ada beberapa tips sederhana bisa di lakukan, seperti


1. Melawan pikiran negatif tentang dirimu sendiri dengan pikiran positif

2. Berhentilah membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain. Percayalah bahwa setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

3. Atur tujuan hidupmu dan mulailah dari hal sederhana dan realistis.

4. Rawatlah dirimu dengan makan makanan yang sehat, olahraga, mengenakan pakaian rapi dan bersih.

5. Dan cobalah untuk menantang dirimu untuk mendapat pengalaman baru.

Jika tips sederhana diatas masih tidak bisa melepaskan pikiran jelek terhadap dirimu. Segeralah datangi tim ahli seperti hipnoterapi untuk bisa melepaskan semua pikiran jelekmu. Sehingga kamu segera menyadari betapa hebat dan berharganya dirimu.

18 views0 comments