Search
  • Rani

Ingin Resolusi Tahun 2022 Terwujud, Ini Tips Ampuhnya

Apa resolusimu di tahun 2022? Apakah masih lanjutan ditahun sebelumnya karena belum direalisasikan?

Sebelum memasuki pergantian tahun baru, kita selalu merancang beberapa daftar kegiatan yang akan diwujudkan ditahun berikutnya. Keinginan dan rencana itulah yang kita sebut dengan resolusi.

Namun seperti yang kita tau, resolusi adalah ketetapan diri untuk melanjutkan praktik yang baik untuk mengubah sifat atau perilaku yang tidak diinginkan untuk mencapai tujuan pribadi.

Namun dalam prakteknya resolusi sangat mudah diucapkan namun berat dilaksanakan. Beberapa orang berpendapat jika resolusi tersebut hanya bertahan di minggu kedua setelah pergantian tahun.

Sebenarnya apa penyebab dari kamu gagal mewujudkan resolusi tahun baru? Berikut beberapa faktor umum yang menyebabkan seseorang selalu gagal mewujudkan resolusi tahun baru

  1. Tidak merencanakannya secara spesifik, seperti kapan mulai, bagaimana cara memulai keingan tersebut dan lain sebagainya. Rencana tersebut dibiarkan mengambang dibenak tanpa ada detail jelas mengenai langkah berikutnya, sehingga resolusi tersebut pada akhirnya hanya tinggal rencana.

  2. Tidak ada kemajuan, hal ini dikarenakan banyak hambatan yang tampak didasarkan pada asumsi, kesimpulan, penilaian dan pemikiran yang berlebihan. Sebagaian besar kamu sudah merasa khawatir dengan kagagalan atau dicemooh oleh orang banyak sebelum memulainya, sehingga rencana hanya tinggal rencana.

  3. Suka menunda-nunda rencana yang telah dibuat

  4. Anggapan betapa sulitnya mencapai suatu tujuan, karena memiliki resolusi tahun baru yang tinggi dan tidak realistis

  5. Memiliki resolusi berdasarkan pandangan orang lain bukan dari diri sendiri

  6. Meragukan diri sendiri, hal ini disebabkan oleh kegagalan masa lalu dan kemudian menjadi kritis terhadap diri mengenai masa depan

Sebenarnya, resolusi tahun baru memiliki peranan yang sangat penting terutama dalam meransang otak. Sebab seorang ahli saraf menjelaskan, bahwa salah satu reaksi emosional paling dasar adalah kebahagiaan melalui pengajaran. Pusat kesenangan pada otak otomatis aktif ketika memiliki aktivitas, tujuan hidup dan target yang jelas.

Untuk itu, berikut tips membuat resolusi agar mudah untuk diwujudkan,

  1. Buatlah resolusi yang benar-benar jelas dan spesifik. Kapan akan dilakukan, dimana, hal-hal yang diperlukan untuk mewujudaknya dan modal awal untuk memulai kegiatan tersebut.

  2. Mencatat semua kemajuan resolusi bisa membantu melihat perkembangan dan perbedaannya. Seperti keinginan untuk menurunkan berat badan dan mengurangi konsumsi makanan cepat saji. Kamu bisa bikin journal perminggu atau perbulan dengan menulis pencapaian yang kamu peroleh.

  3. Buatlah resolusi yang dapat dicapai dan masuk akal. Resolusi yang terlalu tinggi malah membuat kamu prustasi. Misalnya kamu ingin usaha kulinermu buka cabang diseluruh provinsi di Indonesia, dengan modal ilmu dan dana masih pemula. Kamu bisa perkecil dengan membuka cabang di tiga provinsi yang masih berdekatan sambil terus memperluas ilmu dan skill kamu dibidang tersebut.

  4. Beri waktu yang cukup dan realistis untuk mencapai resolusimu. Jangan cepat bosan dan putus asa karena gagal dalam percobaan pertama.

  5. Jadilah percaya diri dengan resolusi yang ingin kamu wujudkan di tahun 2022 ini.

Jika kamu merasa tidak pernah berhasil mewujudkan semua keinginanmu, karena kegagalan dimasa lalu, sulit fokus dan sulit mendisiplinkan diri maka kamu bisa mengatasinya dengan melakukan hipnoterapi.

Dengan begitu kamu bisa melepaskan semua perasaan trauma dan takutmu. Sehingga kedepannya kamu lebih percaya diri dalam melakukan aktivitasmu.

So, jadilah sosok baru dengan semangat baru di tahun baru 2022.

8 views0 comments